Friday, September 16, 2016

Tips Mematangkan Buah Alpukat dengan Cepat Hanya Hitungan Menit

Tips mematangkan buah alpukat - Alpukat merupakan salah satu buah yang paling digemari oleh banyak orang. Mulai kandungan gizinya yang tinggi hingga rasanya yang lezat adalah alasan buah ini menjadi buah favorit. Bebagai olahan buah alpukat pun bisa kita rasakan agar rasanya lebih lezat, seperti olahan es krim, jus buah,sop buah dan lain lain. Selain itu, terdapat juga buah alpukat yang digunakan sebagai lulur badan, hand and body lotion, dan juga masker wajah. Sangat bermanfaat bukan? 

Tips mematangkan buah alpukat

Buah alpukat tidak seperti buah pisang yang selalu ada apapun musim dan waktunya. Melainkan buah alpukat merupakan buah tahunan, yaitu buah yang masa panennya mencapai satu tahun sekali atau lebih. Namun, kebanyakan buah apulkat dijual dalam keadaan masih mentah dan membutuhkan waktu beberapa hari agar dapat kita konsumsi, padahal buah ini membutuhkan waktu yang lama untuk panen. Untuk penggemar buah hijau ini pasti tak sabar kan untuk mengkonsumsinya? Nah, berikut ini adalah tips agar alpukat yang masih mentah dapat matang dengan cepat

Tips mematangkan buah alpukat


1. Menempatkan buah alpukat dengan buah lain yang sudah matang

Anda bias gunakan segala jenis buah untuk mematangkan buah alpukat. Seperti buah tomat, pisang dan mangga. Hal ini karena buah yang sudah matang dapat mengeluarkan gas etilen yang dapat mematangkan buah lain secara cepat

2. Bungkus buah alpukat dengan kertas

Anda bias gunakan kertas bewarna coklat atau koran seadanya. Caranya mudah, cukup bungkus buah alpukat dengan menggunakan koran secara rapat dan tempatkan pada suhu setara dengan suhu kamar Anda, yaitu berkisar 18-24°C. Periksalah buah alpukat secara berkala.

3. Gunakan microwave

Gunakan microwave apabila Anda tidak memiliki cara lain. Karena dengan menggunakan microwave rasa buah alpukat akan berbeda. Jadi gunakan tips ini sebagai pilihan terakhir Anda. 

Caranya, tusuk bagian buah alpukat dengan menggunakan garpu. Gunakan tisu atau kain diatas piring sebagai alas. Lalu atur suhu panas dan tunggu selama 30 detik. Periksa secara berkala, apabila belum matang ulangi lagi hingga alpukat bertekstur lunak. Ingat, cara ini dapat membuat rasa alpukat berbeda, berasa tidak segar dan tampak tak layak konsumsi. 

4. Gunakan kertas dan buah

Cara agar mempercepat buah alpukat lebih matang adalah dengan memasukkan buah alpukat pada kertas coklat atau koran. Lalu masukkan juga beberapa buah yang sudah matang dalam satu tempat. Dan biarkan pada suhu kamar. Hal ini akan mempercepat pematangan buah alpukat dengan sehat, tanpa menghilangkan rasa segarnya.

Itu adalah ulasan mengenai tips mematangkan buah alpukat dengan cepat dan mudah. Sillahkan mencoba